Thursday, 27 October 2011

Tentang Tabel Periodik Unsur

"Sebenarnya nak. Kimia itu mudah. Kita hanya tinggal menguasai tabel periodik unsur."

Apa? Tabel periodik unsur? Aku langsung mencoba mengingat bentuknya. Di atas kepalaku terdapat banyak kata-kata yang berputar putar.

Aku pun langsung mengeluarkan buku kimia dari dalam tas, dan membukanya. Iya, halaman paling depan. Betul. Biasanya tabel periodik unsur itu ada di paling depan. Saat aku buka, ternyata tidak ada. Oh, mungkin di sisi yang satunya. Setelah aku buka lagi, ternyata tidak ada lagi. Aku buka lagi aku buka lagi. Dan tidak ada lagi. Ya ampunn.. Dimana dimana dimana............. (versi Ayu Ting-Ting hihihi)

Tidak! Ternyata ini adalah buku BIOLOGI. Adakah pelajaran biologi hari ini? Tidak! Tidak ada pelajaran Biologi hari ini. Lalu, mengapa aku bawa buku biologi hari ini. Ya ampun, apakah aku sudah lupa dengan pelajaran membaca waktu TK dulu? Memang buku Biologi dan Kimia itu mirip. Tetapi mengapa aku enggan membacanya. Ketahuan semalam tidak belajar .________.

Aku pun melihat tabel periodik unsur yang ada di buku teman sebangkuku. Karena tabel itu tidak terdapat di bagian paling depan, jadi tidak berwarna. Padahal, untuk menentukan golongan, lebih enak menggunakan warna. Otakku pun mulai berjalan-jalan.

Tabel periodik unsur. Kecil memang, tetapi tiba-tiba otak ini menemukan banyak hal yang berputar putar di atas kepalaku. Ada 116 unsur, 7 periode dan 18 golongan, ada nomor atom, nomor massa, kepanjangan unsur, haaaaaaaaaaaaaaaaaaaa..... BETUL! Dengan menguasai ini, pasti mudah menentukan elektron valensi, letak suatu unsur berdasarkan bloknya, periodenya, nomer atomnya, atau golongannya. Selain itu juga, akan mempermudah mempelajari bab-bab kimia selanjutnya. Seperti menentukan bentuk reaksi, menentukan kemolaran, menentukan perubahan entalpi, dan masih banyak lagi.

Dan, ini gambar tabel periodik unsur hasil corp dari buku sekolah elektronik.

No comments:

Post a Comment